PODCAST

Sabtu, 14 Januari 2017

ANDI /rif


AND /rif

Berbicara soal musik tanah air di era 90’an awal adalah hal yang banyak terjadi di Industri musik Indonesia sudah bergeliat pesat untuk mencuri penikmat rock sejati pada kala itu. Tepatnya musik Rock seperti GodBless, Roxx, Koil, Slank, Jasad, dan masih banyak lagi.
Senada dengan Andi Rif sendiri yang pernah mengungkapkan bahwa momen dimana industri musik Indonesia bahkan dunia itu berada pada era 90’an. Karena tidak ada lagi era keemasan musik setelah itu. Bahkan sejarah musik dunia berhenti di era 90’an, dan di sana lah lahir “Rock n Roll” “Seattle Sound” “Brith Pop”, serta pengembangan dari Rock n Roll, termasuk band Indonesia terbaik lahir pada era 90’an kebawah. Saat ini yang sudah muncul seperti genre Alternatif Rock, Rock Alternative, Pop Alternative, yang di ciptakan dengan berlandaskan era 90’an. Setuju atau tidak tapi itulah kenyataan nya
Sosok seorang rockstar lowprofile tapi brutal kala di atas panggung. dengan nama Restu Triandy atau lebih di kenal dengan sebutan Andi Riff yang lahir di Bandung tahun 1968, walau di usia yang sudah tidak lagi muda seperti sekarang tapi jiwanya masih bergeliat dalam menyusun skenario bermusik.
Andi sudah mulai menyanyi sejak usianya di bangku SD. Bahkan, sering menjuarai lomba atau kontes bernyanyi yang di adakan sekolah kala itu. Selain bernyanyi Andi juga terbilang pintar, dalam segi akademis Andi selalu masuk 3 besar nilai terbaik dan tidak hanya itu di bangku SMA juga menghasilkan nilai yang baik. Tidak heran Andi sempat mengecap bangku perkuliahannya di ITENAS Bandung.
Nah inilah yang mungkin banyak orang beranggapan kalo Rocker itu pasti negatif dalam segi lingkungan bahkan akademisnya. Tapi sosok Andi Rif memang orang nya yang enjoy, low profile, humble, dan tidak mempersalahkan soal itu bahkan ada kata-kata yang sering muncul dari nya adalah “Hidup ini mah Jalanin & Syukurin aja”.
Melihat dari lagu yang sangat mempopulerkan Rif yaitu Radja. judul lagu memang punya energi maha dahsyat. Boleh percaya atau tidak dengan pilihan judul lagu Dahsyat, mana pula lagunya enak jadinya Dahsyat dan meledak. Teruntuk lagu Radja yang ternyata bertuah bagus bikin Group Band Riff bak menjadi Raja dalam dunia musik Rock tanah air. Sudah 20 tahun lebih usia band mereka dan membuktikan intensitas progesif yang mampu memberikan pengaruh positif positif bagi industri musik Indonesia.
Berbicara soal frontman dari Rif Restu Triandy yang terlahir dalam lingkungan keluarga yang juga “seniman” musik.
Sang ayah bernama "Sam Kariono", pernah bermain dengan band Latin. Band nya bernama Talamanez. Andi kecil dahulu suka menonton kala ayahnya sedang manggung di salah satu stasiun televisi Indonesia dengan acara musik Latin tersebut. Ayahnya sempat bermain bersama Hasbullah, itu adalah ayah dari Elfa Sesioria. Pada saat itu juga ayah andi kerap memainkan Perkusi, Bongo, yang sangat aktraktif, bisa di bilang Andi Rif memang ketularan sang ayah. Bahkan ayahnya pernah di juluki dengan sebutan “King Of Bongo” karena sangkin aktraktifnya tadi. Kalau melihat Andi Rif bergeliat setiap melakukan aksi panggungnya, itu juga sebenarnya sudah di lakukan oleh sang ayah lebih dulu. Kala itu Group band ayah andi bernama “El Dolores Combo” lalu ke “Dasaria Combo” barulah terakhir ke “Talamanez”.
Sama halnya seperti sang ibu yang bernama “Tri Hartati”, kalau kita tahu lagu “Euis” itu sebenarnya adalah ciptaan sang ibunda. Ibunya memang adalah seorang penyanyi bersama kakaknya, dan begitulah tidak heran jika Andi menjadi musisi sama seperti keluarganya yang memang sudah lebih awal mengecapnya.
Sedikit flashback sedikit ke awal Rif, sebelumnya nama Badai Band adalah nama yang bermertamorforsa menjadi Rytem In Freedom atau Rif. Kala itu ada baron pada gitar, iwan pada bass, ade mengisi drum, daru di keyboard. Terus ada dwi mulai masuk Iyus, sampai andri, Erwin. Seiring berjalannya waktu banyak pergantian dari tubuh Rif. Bahkan sampai Denny Lesmana dan Jackie yang silih berganti untuk membuat Rif menjadi band Rock yang progesif di tanah air. Barulah ditahun 1992 sampai 1994 mereka memulai dengan Jikun, Magi, Denny, Iwan.
Ada cerita di saat Denny keluar dari tubuh Rif, karena waktu itu RiF memang semakin kencang jadwal panggung kemana-mana,  Kemudian muncullah nama Ovie. Berbicara soal masuknya Ovie adalah berawal dari Andi yang kala itu fans band cover nya Ovie “Schizoperia”. Dan mereka kebetulan ciamik sekali jadi cover nya Bon Jovi di awal 1990’an. Andi semakin dekat kala untuk sebuah rekaman  yang dilakukan di rumah Ovie, berawal dari iseng bareng, nge-jam bareng, dan waktu yang pas ada lowongan buat si Ovie masuk ke tubuh Rif menggantikan sosok Denny di gitar, dan proses memang tidak lama masuk Rif mereka langsung solid sampai sekarang.
Kita tahu buku adalah jendela dunia, ruang inspirasi, apalagi untuk dunia undustri musik dan penikmat musik, buku yang membahas tentang boipik dukumenter dan pengangkatan bak bagaikan apresiasi dari musisi itu yang sering di buru dan di baca sama kalangan penikmatnya. Seperti yang di lakukan dengan Rif.
Andi dan rekan-rakannya pernah menerbitkan buku, yang mana mereka kala itu bukan membuat Biografi biasa melainkan lebih pada sharing pengalaman mereka. Karena waktu itu banyak pertanyaan yang datang ke tubuh Rif bahkan dengan Andi sendiri, ada yang bertanya “Gimana sih jadi Rocker?” “Kalo jadi Rocker pasti banyak cewek ya?”,dan beragam lah pertanyaan yang di lontarkan kala itu. Andi berpikir untuk menjawab semuanya lewat sebuah buku. Hasilnyaa judul buku itu adalah “Mau Jadi Anak Band”, dan Andi sempat berpesan semoga buku yang di keluarkan itu bermanfaat terutama buat anak muda yang pengen jadi anak band.
Selain bermusik Andi juga sempat melebarkan sayap ke dunia seni peran termasuk film. Dia muncul di Gerbang 13 (2004), Oh Baby (2008), Seleb Kota Jogja (2010), dan terakhir cahaya kecil di tahun (2013).
Tidak di pungkiri gaya panggungnya memang punya magnet tersendiri yang terkesan Teatrikal dan Ekpresif, semua gerakan tubuhnya seperti “Mixing Style” termasuk sisi ekpresi nya hampir sama dari segi beberapa nama yaitu Fish nya Marillion, termasuk Peter Gabriel, terus ada Adam Ant dan Bono U2, bahkan vokalis Rock new wave 80an yang memang menginspirasi dari sosok Andi Rif, ada di sisi Mick Jagger lalu Sebastian Bach.
Berkat kepandaian nya berekpresi seperti itu dan berkelanjutan di atas panggung maupun seni peran.
Melihat dari sosok Andi Rif, sosok yang rada nyeleneh, unik sebagai vokalis rock, dia malah tekesan biasa saja dan tidak terlalu ketat menjaga suara nya bahkan kelewat santai, yang luar biasanya dia bisa sanggup manggung misalkan dari kota A malam mini, besok malam di kota B terus di lanjutkan di kota C.
Untuk urusan istirahat dia membeberkan kalo Andi kerap mencuri waktu tidur nya kalau lagi di perjalanan diatas pesawat. Contohnya, ada cerita kala Andi tidur pulas di dalam pesawat dan itu posisi nya dia lagi nyenyak dan Andi benar-benar tidak tahu kalau sempat ada masalah lumayan serius pada pesawat yang di tumpangin nya. Bahkan pramugari yang duduk di dekat pintu darurat mencoba untuk mengintruksikan penunmpang agar untuk menahan diri. sembari berkata “tunggu aba-aba dari pilot buat membuka pintu daruratnya”, memang pada saat itu kondisi cukup menegangkan untuk semua penumpang. Pesawat itu semakin dekat dengan laut di bawah nya, dan itu mengerikan.  Jadi, keputusan pilot pesawat kala itu yang harusnya ke Makasar terpaksa berbalik ke arah Soekarno Hatta Cengkareng, pesawat memanag bermasalah pada system Hidrolik nya. syukurlah semua masih di beri keselamatan dan juga umur panjang. pesawat mampu di daratkan kembali di Cengkareng, lalu penumpang di intruksikan untuk turun karena harus berganti pesawat
Andi yang kala itu tidurnya sangat pulas begitu keluar pesawat setengah sadar, dia bilang “Lhoo… Makasar sekarang udah kayak Cengkareng ya ? "Mirip Banget”. Rekan satu band Rif tertawa melihat Andi yang tidak sadar kalau sempat terjadi hal yang serius sama pesawat yang di tumpangi tujuan Makasar tadi.
Untung nya Andi tidur nya nyenyak jadi dia tidak ikutan merasakan atmosfir ketegangan luar biasa dan pesawat yang hampir jatuh ke laut.  Bahkan Andi sempat tidak percaya, dia pikir teman-temannya bercanda, dan dia pikir sebenarnya pesawat belum Take-Off dan batal terbang. yaa seperti itulah sosok Andi Rif mensisasati waktu untuk istirahat nya.
Jika ada rasa Phobia atau ketakutan di dalam diri kita itu memang tidak menyenangkan. Tapi, seorang Andi Rif melihat ketakutan nya adalah terkait musik dan bernyanyi. Jadi, yang membuat dia takut sebetulnya kalau Andi nyanyi terus di tinggal pergi sama penonton yang tidak suka dengan penampilan nya. itu bahaya sekali. Karena respon penonton, sorak sorai penonton, tepuk tangan penonton menurut Andi sendiri adalah sesuatu pemberi semangat yang sangat signifikan. Sosok Andi sangatlah bahagia dan senang kalau penonton senang juga dan merasa terhibur karena penampilan bersama rekan nya terus sempurnalah, dia bisa tidur nyenyak lagi “Tutur Andi”
Lanjut berbicara soal sebuah impian dari Andi yang belum terlampaui nya adalah dia belum punya album solo. Meski, pada waktu itu sempat membuat project solo bersama Pak Jani di Sonny Record, akan tetapi di saat beliau sudah tidak lagi di Sonny lagi, akhirnya Konsep Solo album itu pun kandas.
Tapi dengan sejumlah karya yang dia ciptakan bersama Rif sebetulnya sudah lebih kata dari luar biasa untuk Andi Rif sendiri.
Andi sempat punya single yang di ciptakan nya bersama band Rock tanah air Koil dan Andi pun sudah pernah ikut dalam tur Koil pada saat itu.


Dsikografi RIF
Album : 
                    Radja adalah album musik karya /rif. Album ini sendiri dirilis pada tahun 1997, sebagai debut awal grup band /rif di blantika musik Indonesia. Berisikan 10 buah lagu dengan lagu Radja dan Bunga sebagai hits singel labum ini.
Akhirnya, album perdana /rif yg berjudul "Radja", di rilis oleh Sony Music Indonesia, yang juga merupakan Album perdana yang di keluarkan oleh Perusahaan rekaman ini.
Hits di Album ini adalah "Radja" dan "Bunga", ke-2 nya yang telah juga dibikin video klip. Dengan komposisi Lagu yang tercantum diatas , Album "Radja" ini mendapatkan penghargaan - penghargaan sebagai berikut:
·                     MTV Most Wanted New Comer 1998
·                     Nomination MTV Most Wanted Band 1988
·                     Platinum Awards Sony Music Indonesia
Daftar Lagu
1.                 Bintang Kejora
2.                 Radja
3.                 Planet Kosong
4.                 Sick
5.                 Buyung
6.                 Jeni
7.                 Poser
8.                 A...a...a...
9.                 Bunga
10.            Water




Salami (1998)
Salami adalah album kedua /rif yang dirilis tahun 1998. Berisikan 10 buah lagu dengan lagu Si Hebat dan Aku Ingin sebagai hits singel album ini.
Album kedua /rif berjudul "salami" yang berasal dari kata salam-I yang artinya selamatkan, kata salami ini pula yg mewakili pesan spirit yg dikandung dalam lirik-liriknya yaitu bahwa dunia/kehidupan kita yg sekarang ini, sedang di gempur musibah hasil kelalaian kita sendiri, makannya dunia ini perlu kita "salami"... Di album "salami" ini /rif banyak memainkan musik yang ringan tetapi tetap menarik, hal ini di harapkan agar orang akan mudah mengikuti dan mencernanya, bahkan dapat memainkan musiknya. Dalam pembagian instrumen sebagian dasar harmonisasi saat di cermati gebukan drum Magi juga terasa lain. Album "salami" ini mendapatkan penghargaan - penghargaan sebagai berikut:
·                     Winner for VMI VII, February 1999/2000, Video klip "Aku Ingin"
·                     Nominasi MTV Most Wanted Band/Group/Duo, "Si Hebat" 1999
·                     Nominasi untuk AMI (Anugerah Musik Indonesia)
Daftar Lagu
1.                 Jigsaw
2.                 Aku Ingin
3.                 Si Hebat
4.                 Cerah
5.                 Tanah
6.                 Roller Coaster
7.                 HIV
8.                 1
9.                 The Game
10.             Biru



Nikmati Aja (2000)
Nikmati Aja adalah album ketiga /rif yang dirilis tahun 2000. Berisikan 10 buah lagu dengan lagu Lo Toe Ye dan Peterpan sebagai hits singel album ini.
Album Nikmati Aja merupakan album ketiga dari/rif. Seperti album Radja dan Salami, /rif tetap menampilkan musiknya dengan performa dan energi yang kuat. Musiknya tetap asyik dengan mengangkat irama bertempo middle rock. Pada singlenya yang pertama Lo Toe Ye menceritakan hal - hal yang tidak asyik pada /rif, serta ada lagu yang bertema cinta yang disuguhkan dalam Love Song
Daftar Lagu
1.                 Dream
2.                 Lo Toe Ye
3.                 Peter Pan
4.                 Scream
5.                 Dolphin
6.                 Bilang Tidak
7.                 After Glow
8.                 You Booze You Lose
9.                 Love Song
10.            Bamberina
11.            Lo Toe Ye (Remix)



…Dan Duniapun Tersenyum (2002)
... Dan Duniapun Tersenyum adalah album musik karya /rif. Album ini merupakan album /rif yang keempat yang dirilis pada tahun 2002. Berisikan 12 buah lagu dengan hits singel lagu yang berjudul Salah Jurusan, Cinta Adalah dan Dunia.
Album /rif yang keempat ini bertajuk '....dan duniapun tersenyum' (dengan tanda titik titik dibagian depan judul), pilihan judul ini diambil karena keinginan dari /rif untuk membuat dunia ini kembali tersenyum. Titik-titik di depan bisa diisi dengan berbagai macam hal yang bisa membuat dunia tersenyum. Hal yang paling gampang adalah tentunya hal-hal positif yang membuat dunia damai dan tentram sehingga duniapun akan tersenyum bahagia. Tapi jika diisi dengan hal-hal yang negatif yang merugikan, duniapun akan tetap tersenyum, tetapi senyumannya berupa senyuman sinis. Jadi tinggal pilih senyum bahagia atau senyuman sinis, semua terserah Anda....
Daftar Lagu
1.                 Cinta Adalah
2.                 Salah Jurusan
3.                 Star Wow
4.                 Beri Dunia Senyuman
5.                 Pesona
6.                 Rembulan ku
7.                 Kudatangi Bulan
8.                 Kuda Liar
9.                 Manusia
10.            Bungaku Kesepian
11.            Dunia
12.            Tralala...




The Best Of (2004)
The Best Of adalah album musik karya /rif. Album ini merupakan album /rif yang kelima yang dirilis pada tahun 2004. Album ini sendiri berisi lagu terbaik dari album-album /rif terdahulu, dengan hit single Joni Esmod. Sebelum merilis album ini, /rif ikut terlibat dalam pembuatan album OST. Tusuk Jelangkung (2003) dengan membawakan lagu Arah dan Fana.
Daftar Lagu
1.                 Radja
2.                 Jeni
3.                 Bunga
4.                 Si Hebat
5.                 Lo Toe Ye
6.                 Aku Ingin
7.                 Dunia
8.                 Salah Jurusan
9.                 Arah
10.            Cinta Adalah
11.            Joni Esmod
12.            Sendiri




Pil Malu (2006)
Pil Malu adalah album musik karya /rif. Album ini merupakan album /rif yang keenam yang dirilis pada tahun 2006. Berisikan 10 buah lagu yaitu So-Nya, Manis Getir, Bilur, Batas dan dengan hits singel lagu yang berjudulkan sama dengan album /rif yaitu, Pil Malu. Pada tahun 2005 /rif ikut terlibat dalam pembuatan album "Kita Untuk Mereka" , yaitu album kompilasi dari Indonesian Voices sebagai bentuk ungkapan bela sungkawa mereka atas peristiwa Tsunami Aceh dan Sumatra Utara tahun 2004. Di album ini /rif membawakan lagu Bilur. Pada album ini, salah seorang personil /rif keluar, yaitu Iwan (bassist).
Daftar Lagu
1.                 So-Nya
2.                 Batas
3.                 Manis Getir
4.                 Peri Kecil
5.                 Bilur
6.                 Labirin
7.                 Bolong
8.                 Cintai Aku
9.                 Rotasi
10.            Pil Malu





7 (2010)
7 adalah album musik karya /rif yang dirilis pada tahun 2010 dan berisikan 8 buah lagu. Setelah sekian lama, akhirnya band asal Bandung ini merilis sebuah album baru berjudul “7”. Pergantian personil tidak membuat /rif berhenti berkreativitas. Mereka terus berkreasi dan akhirnya diwujudkan dalam album mereka. Album 7 ini rilis pada tahun 2010 dengan hits single Fight. Di album ini /rif merilis ulang lagu 1 dengan aransemen baru.
Daftar Lagu
·                     Awan Hitam
·                     Pelangiku Sirna
·                     First Kiss
·                     Rock N Roll Fantasy
·                     Fight
·                     Son
·                     Green Song
·                     1



18 Years Of Rock (2013)
18 Years of Rock adalah album musik karya /rif yang dirilis pada tahun 2013 dan berisikan 15 buah lagu.Album ini merupakan album kompilasi dan direkam secara live recording dari album-album sebelumnya. Album ini merupakan album kompilasi dari album-album sebelumnya, namun dengan aransemen baru. Hits singlenya adalah Aku Tahu Ini Cinta, Party Lagi, Preman, Luka dan Takut (feat Judika).
Daftar Lagu
·                     Si Hebat
·                     Radja
·                     Dunia
·                     Planet Kosong - I
·                     Bintang Kejora - Aku Ingin - Salah Jurusan
·                     Manis Getir
·                     Bunga
·                     Jeni
·                     Fight
·                     Loe Toe Ye
·                     Luka
·                     Party Lagi
·                     Aku Tahu Ini Cinta
·                     Takut (duet. Judika)
·                     Preman




Tidak ada komentar:

Posting Komentar